8 TIPS WAWANCARA KERJA YANG PERLU DIKETAHUI

Wawancara kerja merupakan proses yang harus di hadapi untuk dapat bergabung dengan suatu perusahaan bagi semua orang yang masih tergolong fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman . Memang, wawancara kerja tidak menjamin seseorang untuk diterima, Namun, wawancara memiliki peran yang sangat besar untuk meningkatkan kemungkinan tersebut.

Wawancara kerja, biasanya berada di awal proses rekrutmen, di akhir proses rekrutmen, maupun 2 kali, yaitu pada awal dan akhir rekrutmen. Tujuan wawancara adalah untuk memudahkan rekruiter mendapatkan informasi tambahan tentang diri Anda, yang mana tentunya masih perlu digali oleh Personalia jika CV yang Anda ajukan menarik perusahaan untuk mengundang Anda dalam wawancara.

Jenis-jenis Wawancara Kerja

Perlu Anda ketahui, terdapat berbagai macam jenis wawancara yang biasa dilakukan perusahaan dalam perekrutan pegawai, beberapa jenis contoh wawancara tersebut yaitu (sumber : https://www.duniakaryawan.com/jenis-wawancara-kerja/) :

  1. Wawancara Standar – Pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara kerja standar memiliki fungsi untuk mengetahui mengetahui atau menguji apakah Anda kandidat yang tepat.
  2. Wawancara Perilaku – Wawancara perilaku (behaviour interview) fokus pada perilaku masa lalu Anda untuk memprediksi perilaku masa depan Anda. Sejumlah perusahaan menyukai jenis wawancara ini karena mereka menganggap perilaku sangat memengaruhi kinerja seseorang.
  3. Wawancara Situasional – Wawancara situasional fokus pada kinerja masa depan Anda. Umumnya, pewawancara kerja akan memberi Anda sebuah masalah dan bertanya bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah tersebut.
  4. Wawancara Presentasi – Dalam wawancara presentasi, biasanya perusahaan memberi Anda sebuah isu bisnis dan yang harus Anda renungkan, dan kemudian presentasikan solusinya kepada satu atau lebih karyawan perusahaan.
persiapaan wawancara kerja

8 Tips Utama dalam Wawancara kerja

Nah setelah mengetahui jenis-jenis wawancara, selanjutnya Anda harus mengetahui beberapa tips berikut ini untuk persiapan wawancara Anda, yaitu :

  1. Kenal perusahaan lebih dalam
  2. Pelajari pertanyaan umum
  3. Percaya diri
  4. Simple and To the point
  5. Jangan menjelek-jelekan mantan bos Anda
  6. Perhatikan penampilan
  7. Atur pandangan mata Anda
  8. Tetaplah tenang

Bagaimana sajakah itu? Yuk baca lebih detailnya!

Kenali Perusahaan lebih dalam

Seperti kata pepatah, Tak kenal maka tak sayang. Alangkah baiknya sebelum Anda melakukan wawancara, Anda terlebih dahulu mempelajari perusahaan tempat Anda akan melakukan wawancara. Hal ini akan bermanfaat ketika perusahaan menanyakan pengetahuan Anda tentang latar belakang, bidang bisnis, maupun hal-hal lain mengenai perusahaan mereka. Persiapan ini akan membuat Anda dapat dapat menjawab dengan percaya diri karena sudah mempelajari sebelumnya dan membuat anda terkesan benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Kesalahan yang terjadi biasanya tidak mempelajari perusahaan. Salah satu penyebabnya adalah karena sudah banyak melamar di berbagai perusahaan dan akhirnya mendapat panggilan untuk wawancara. Hal ini membuat Anda seketika blank dan melupakan apa yang harus Anda persiapkan. Bahkan, media Anda pakai untuk mengirim lowongan tersebut saja terkadang dapat Anda lupakan.

Pelajari pertanyaan umum dan siapkan jawabannya

Jika Anda sering berlatih tanya jawab, Anda akan dapat meningkatkan respons Anda saat menjawab pertanyaan dari pewawancara dan mengurangi rasa gugup saat wawancara. Ketika pertanyaan yang pewawanara tanyakan sama seperti yang telah Anda pelajari maka Anda tidak perlu gugup lagi mengenai apa yang harus Anda katakan.


Yang perlu Anda ingat adalah, Anda TIDAK BOLEH menghafalkan jawaban. Anda hanya perlu mengetahui jawaban intinya saja. Jika pertanyaan tersebut muncul, Anda bisa dengan mudah mengembangkan kata-kata yang ingin Anda ungkapkan. Jika Anda menghafalkan jawaban, ketika pertanyaan yang sama muncul, kemungkinan besar Anda akan lupa dengan jawaban dari hafalan Anda, dan malah tidak bisa berkata-kata karena sibuk mengingat.

Percaya Dirilah

Ceritakan keahlian Anda dengan percaya diri. Kepercayaan diri Anda dalam menjelaskan keahlian akan membuat jawaban Anda terdengar sangat meyakinkan dan pewawancara menjadi percaya dan tertarik dengan kemampuan Anda.

Simple and to the point

Jangan memberi penjelasan yang berbelit. Terkadang rekruiter dapat menanyakan lebih rinci mengenai hal yang telah Anda jelaskan, sehingga Anda tidak boleh terdengar seperti berbelit-belit dalam menjelaskannya karena Anda dapat dianggap kurang kompeten.

Jangan menjelek-jelekan bos Anda

Jangan menceritakan kejelekean bos Anda, atau aib perusahaan Anda sebelumnya (jika sudah pernah bekerja ). Hal ini akan membuat Anda kehilangan integritas dan terlihat tidak profesional.

Perhatikan penampilan Anda

Perhatikan kerapian rambut, wajah, dan pakaian saat wawancara. Meskipun wawancara yang Anda lakukan online dan tidak berhadapan langsung dengan pewawancara, hal ini tetap harus Anda lakukan. Sisir rambut Anda, cuci muka, dan gunakan pakaian yang resmi, sopan, dan rapi.

Atur pandangan Anda

Sebisa mungkin pandanglah langsung pewawancara jangan melihat ke arah lain yang dapat membuat kehilangan fokus. Kontak mata merupakan salah satu hal yang peling penting dalam wawancara. Kenapa? Karena hal tersebut akan menampilkan kepercayaan diri yang Anda miliki. Pandangan mata dapat memberi tahu banyak hal, jadi jagalah tatapan Anda terhadap pewawancara.

Tetaplah Tenang

Kebanyakan pewawancara bisa menilai kepribadian Anda dari tingkah laku yang Anda tunjukkan pada saat wawancara. Mereka sudah terbiasa untuk bertemu dengan berbagai macam pelamar kerja dan menjadi lebih peka. Maka jangan panik ketika melakukan kesalahan. Tetaplah tenang dan berlakulah seakan-akan tidak terjadi apa-apa.

Sekian beberapa tips wawancara kerja untuk Sahabat Azura Labs! Selain tips wawancara, Anda juga perlu meningkatkan kualitas diri. Yuk coba cek postingan artikel 10 Hal Penting yang harus Anda Kuasai ini, apakah Anda sudah memilikinya? Jika ya, bagus! Jika belum, Anda bisa mulai dari sekarang

kerja sama, bergabung, beresalaman, bekerja sama

Untuk sahabat Azura Labs yang tertarik bergabung dengan tim Azura, kami selalu membuka peluang untuk sahabat, cukup kirimkan CV atau portofolio Anda ke alamat email yang ada di website Azura (azuralabs.id)

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya! 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *