7 Keuntungan Budaya Kaizen Untuk Perusahaan dan Karyawan

  • Karir

Kaizen merupakan Filosofi Produktivitas yang sangat terkenal di Jepang dan jika di artikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti perbaikan bekesinambungan. Bersama dengan Ikigai dan Keishan, Kaizen menjadi rahasia orang Jepang untuk menghilangkan rasa malas. Kaizen jika di terapkan pada perusahaan di percaya akan membawa perubahan konstan untuk meningkatkan produktivitas dengan menghilangkan muri atau kerja keras yang tidak perlu.

Untuk menerapkan metode Kaizen dalam suatu perusahaan, memang memerlukan kerja sama dari berbagai pihak, baik dari level manajemen tingkat atas hingga karyawan. Metode ini fokus pada perbaikan-perbaikan dengan skala kecil hingga menengah, sehingga proyek perbaikan dapat di lakukan dengan efektif dan lebih tepat sasaran. Penerapan Kaizen umumnya dapat di selesaikan dalam hitungan minggu dan tidak di perlukan biaya perbaikan yang besar.

Berikut adalah 7 keuntungan yang akan di dapatkan oleh perusahaan yang menerapkan metode Kaizen :

1. Kaizen dapat meningkatkan produktivitas

Pertama, perusahaan akan melakukan identifikasi pada area kerja untuk menemukan waste guna mencari cara untuk memperbaikinya sehingga menjadi lebih produktif. Waste atau pemborosan yang di maksud adalah overproduksi, tempat penyimpanan (inventory), barang cacat, gerakan dan menunggu.

2. Pengurangan Biaya

Ketika menerapkan Kaizen, sebaiknya perusahaan menyusun prosedur untuk mengetahui sejauh mana pengeluaran biaya untuk diukur dan dapat dijadikan bahan evaluasi. Dengan adanya evaluasi, perusahaan dapat dengan mudah mengetahui dengan pasti jumlah pengeluaran.

3. Komunikasi yang lebih baik

Dengan penerapan Kaizen, membantu manajer untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dan megidentifikasi apa yang sebenarnya harus di perbaiki sehingga komunikasi antara manajer dan staff mencerminkan perbaikan yang nyata.

4. Peningkatan moral karyawan

Karyawan akan lebih banyak melakukan kontribusi untuk keberhasilan pekerjaannya, ketika karyawan sadar bahwa ide dan saran mereka di tanggapi dengan serius oleh pihak manajemen maka moralnya meningkat secara signifikan sehingga karyawan bisa lebih bahagia dengan lingkungan kerja yang lebih produktif.

5. Pemecahan Masalah segera

Kaizen adalah solusi bagus untuk menemukan dan memecahkan masalah. Pemecahan masalah secara langsung dapat mengurangi waktu tunggu dan mengembalikan proses produksi kepada jalur yang benar. Seringkali solusi dari penerapan Kaizen ini bersifat sementara namun memberi pengaruh besar dalam mewujudkan proses perbaikan secara permanen.

6. Peningkatan Kualitas

Peningkatan kualitas termasuk bagian dari Kaizen, bisa berupa perbaikan peningkatan kualitas peralatan atau mesin yang ada di perusahaan. Ketika masalah sudah terpecahkan, maka pekerjaan pun menjadi jauh lebih efisien, efektif dan produktif. Serta memberi dampak pada manajemen waktu yang berubah menjadi lebih membaik.

7. Pemanfaatan Sumber Daya Yang Optimal

Penerapan metode ini pada perusahaan akan memperbaiki proses produksi dan akan secara otomatis menjadikan kita lebih bijak dalam penggunaan sumber daya. Penerapannya juga dapat membantu perusahaan untuk memenuhi segala tuntutan dengan sumber daya yang terbatas dengan memprioritaskan kebutuhan.

Sudahkah perusahaan tempat kalian bekerja menerapkan metode Kaizen? Kalau belum, mimin sarankan untuk segera diterapkan yaa. Oh iya kalau perusahaan kalian sudah menerapkan metode ini, boleh dong bagi cerita kalian di kolom komentar🥰🥰 Dapatkan informasi menarik lainnya dengan subscribe website Azura Labs dengan menulikan e-mail pada form di bawah ini↓↓

Penulis : Sela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *