Ingin Membuat Website? Persiapkan hal-hal ini!

website, design

Di masa kini, semakin banyak orang yang ingin membuat website, baik itu untuk keperluan pribadi, ataupun bagi sebuah bisnis. Apa yang Anda pikirkan ketika membayangkan akan membuat website? Hosting dan domain, sudah pasti. Tapi…sudah tahukah Anda kalau banyak hal-hal lain yang Anda perlukan untuk membuat website yang optimal? Yuk simak daftar di bawah ini dan pastikan kalau website Anda sudah memlikinya.

Jika dibahas lebih mendetail, tentunya akan ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan, tetapi Azura memilih 11 hal utama yang bisa Anda dahulukan sebelum mengoptimasi hal-hal lain, di antaranya yaitu :

  1. Tentukan Tujuan Website
  2. Pilih Hosting
  3. Pilih Nama Domain
  4. Set Up Website Builder
  5. Pilih Template Website
  6. Memanfaatkan Plug-In
  7. Gunakan SSL
  8. Melengkapi Page Dasar
  9. Integrasi Google Analytics dan Search Console
  10. Submit Sitemap
  11. Update Zona Waktu
  12. Optimasi SEO

▽ Download Website Checklist Lengkap Di sini ▽

FREE DOWNLOAD

Send download link to:

I confirm that I have read and agree to the Privacy Policy.


Tentukan Tujuan Website

Menentukan tujuan sudah tentu menjadi hal yang paling penting. Hal ini karena bentuk akhir dari website Anda, berkaitan sangat erat dengan tujuan ini. Apakah Anda membuat website sekadar untuk membagikan kisah-kisah Anda? Apakah website ini menjadi etalase Anda untuk melakukan penjualan? Karena pemilihan hosting, nama domain, template, dan fitur-fitur lain, serta budget akan sangat dipengaruhi oleh tujuan, jadi ada baiknya hal ini Anda tentukan sebelum memutuskan untuk membuat website.

Pilih Hosting

Nah, jika tujuan sudah ditentukan, hosting menjadi hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan. Lihat kembali kepada tujuan Anda semula dan coba pikirkan beberapa hal, seperti :

Apa hal utama yang audience saya butuhkan?

Apa yang saya butuhkan untuk menyediakan hal tersebut bagi audience?

Berapa lama saya berkomitmen untuk menjalankan usaha ini?

Seberapa penting kepercayaan audience terhadap bisnis saya? dan lain sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut pada akhirnya diperlukan untuk membimbing Anda memilih satu dari sekian hosting sangat banyak. Jika Anda hanya berniat untuk menjadikan website sebagai jurnal pribadi, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat website gratis, ataupun dengan hosting yagn murah. Tentunya dengan fasilitas yang juga sangat terbatas. tetapi apabila situs Anda sangat vital bagi keberlangsungan bisnis Anda, pilihlah hosting yang lebih tepercaya dengan kebutuhan server yang sesuai dengan skala bisnis. Banyak sekali website-website yang mere

Pilih Nama Domain

Langkah ini dapat dilakukan paralel dengan pencarian website, atau lebih dulu jika Anda sudah memiliki nama impian bagi website Anda. Hal yang penting dan harus Anda pastikan adalah apakah nama domain tersebut sudah pernah terdaftar sebelumnya atau tidak. Cara memilih nama domain terkadang sulit, dan tidak akan kami bahas di sini karena akan menghabiskan satu artikel tersendiri. Tetapi pada intinya, gunakan nama domain dengan ekstensi yang paling umum digunakan (.com) karena orang cenderung mencari hal tersebut lebih dahulu.

Tapi bagaimana jika dengan ekstensi tersebut nama domain tersebut sudah ada yang pnya? Pertimbangkan untuk mengganti nama, atau, jika nama website Anda berkaitan erat dengan nama brand, Anda bisa memilih ekstensi lain yang umum (.id, .org, dsb).

Set Up Website builder

Ada beberapa website editor, yang berbayar maupun gratis. Tapi, dengan editor gratis pun Anda sudah bisa menikmati fitur yang cukup banyak. Website builder yang paling umum digunakan adalah WordPress, walaupun ada juga website builder lain seperti wix.com, websitebuilder.com, godaddy.com, dan sebagainya.

Pilih Template Website

Memilih template untuk website merupakan hal yang saya pribadi merasa ini sangat melelahkan. Memilih template dapat menghabiskan dari mulai satu hari hingga berhari-hari jika Anda belum menemukan template yang Anda sukai, dan sesuai untuk bisnis Anda. Harganya pun beraneka ragam, mulai dari template gratis, beberapa dollar, hingga ratusan dollar, tentunya dengan beragam fitur dan support dari developer.

Perlu Anda perhatikan kalau seringkali deskripsi dan hasil screen shot dari laman detail template adalah template yagn sudah di upgrade. Anda memang bisa memilih untuk tidak meng-upgrade template Anda, tetapi fiturnya pun akan sangat terbatas. Beberapa situs yang dapat Anda kunjungi untuk mencari template di antaranya yaitu :

Di situs-situs tersebut, tersedia banyak sekali pilihan tema yang dapat Anda pilih untuk membuat website versi Anda sendiri. Template yang ada di situs-situs tersebut dihargai mulai dari gratis hingga puluhan dollar dengan beragam desain dan fiturnya.

Memanfaatkan Plug-In

Setiap website tentu memliki kebutuhan yang berbeda, tergantung dari tujuan awal Anda. WordPress menyediakan berbagai macam plug in, baik yang sudah terintegrasi dan bekerja sama dengan wordpress secara langsung, maupun dari developer (pihak ketiga).

Dengan memanfaatkan plug in, Anda bisa menambahkan fitur-fitur yang belum ada di tema website yang Anda pilih. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menginstall plug in yang tidak perlu! Selain akan memberatkan sistem, plug in dengan fungsi yang sama memiliki kemungkinan untuk mengalami crash. Jadi, gunakan plug in yang Anda perlukan saja dan hapus plug in lainnya.

Mengamankan Website dengan SSL

Pixabay

Walaupun baru mulai, tidak ada salahnya untuk mulai berhati-hati. Install SSL (Secure Socket Layer) ke dalam website Anda. Bingung? Jangan khawatir, biasanya penyedia jasa layanan hosting memiliki support yang dapat Anda ‘ganggu’ 24 jam dalam sehari 😁 Anda bisa bertanya bagaimana cara untuk menginstall SSL ke dalam dashboard wordpress Anda.

SSL sendiri ada 2 macam, yaitu yang berbayar dan gratis. Tetapi tentunya ada perbedaan, baik itu dari segi tingkat keamanan, maupun faktor-faktor lain. Jika Anda bertujuan menggunakan website Anda untuk keperluan bisnis, ada baiknya untuk menggunakan SSL yang berbayar sehingga lebih aman.

Melengkapi Page Dasar

Page (halaman) dasar biasanya meliputi keterangan minimal yang ada dalam website Anda. Memang akan berbeda untuk setiap website, tetapi pada dasaranya, halaman-halaman dasar mencakup :

Anda bisa menambahkan halaman lain jika diperlukan, tetapi pada dasarnya adalah keempat Page (halaman) ini.

Integrasi Google Analytics dan Search Console

  • Berapa orang yang mengunjungi situs Anda
  • Dari sumber mana saja orang-orang tersebut berhasal
  • Berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs Anda
  • Seperti apa kebiasaan (behaviour) pengunjung, dan lain sebagainya

Caranya mudah! Pada umumnya, WordPress sudah menyediakan guide bagi pengguna baru sehingga Anda bisa mengintegrasikan Google Analytics dan Search Console dengan mudah.

Submit Sitemap

Apa itu Sitemap? Secara singkat, sitemap (peta situs) adalah sebuah diagram yang menggambarkan struktur website Anda. Mungkin bagi Anda yang bukan seorang developer, hal ini agak sulit untuk dipahami. Tetapi sama seperti menginstall SSL, silahkan mengganggu customer service dari hosting pilihan Anda masing-masing 😁

Update Zona Waktu

Sekilas, mengupdate zona waktu terlihat remeh. Namun, terkadang hal ini dapat merepotkan jika tidak diatur sedari awal. Salah satunya ketika menentukan jadwal publish artikel. Jika Anda tidak mengatur zona waktu ke zona yang benar, artikel yang Anda pikir dipublish di pukul 10 pagi mungkin saja baru muncul pukul 10 malam.

Optimasi SEO

Pixabay

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah optimasi SEO. Sebenarnya, langkah-langkah yang telah Azura jelaskan di atas sebagian besar sudah mencakup cara-cara mengoptimasi SEO. Tetapi, masih banyak hal-hal lain yang harus Anda lakukan agar kualitas SEO Anda meningkat, di antaranya :

  • Meningkatkan Pagespeed (baca cara meningkatkan pagespeed di sini)
  • Mengoptimalkan penulisan konten
  • Memanfaatkan backlink
  • Guest posting
  • Aktif di social media, dan lain sebagainya.

▽ Download Website Checklist Lengkap Di sini ▽

FREE DOWNLOAD

Send download link to:

I confirm that I have read and agree to the Privacy Policy.

Kesimpulan

Nah, ayo kita rekap ulang apa saja 11 hal utama yang dapat Anda lakukan untuk membuat website pertama (atau kesekian) Anda :

  1. Tentukan Tujuan
  2. Pilih Hosting
  3. Pilih Nama Domain
  4. Set Up Website Builder
  5. Pilih Template
  6. Memanfaatkan Plug-In
  7. Gunakan SSL
  8. Melengkapi Page Dasar
  9. Integrasi Google Analytics dan Search Console
  10. Submit Sitemap
  11. Update Zona Waktu
  12. Optimasi SEO

Bingung? Jangan khawatir! Azura Labs menawarkan pembuatan website dengan harga yang sangat terjangkau. Lupakan fitur-fitur mahal yang harus Anda bayar walaupun tidak Anda butuhkan. Bersama Azura, Anda hanya membayar apa yang Anda butuhkan. Jika tertarik, Anda bisa berkonsultasi secara GRATIS dengan kami dengan mengisi form di bawah, atau email kami di hello@azuralabs.id. Lebih suka mengobrol secara langsung? Silahkan kirim pesan ke whatsapp Azura Labs yang pastinya akan segera kami balas😉

Penulis : Christine Utomo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *