Icon Design

Icon Design adalah representasi dari sebuah objek atau program yang bertujuan untuk mengomunikasikan suatu konteks tertentu dengan bentuk yang sederhana dari objek yang dimaksud. Pada mulanya, istilah icon ini berasal dari bahasa Yunani εἰκόνα yang berarti gambaran. Xerox Alto menginisiasi Digital Icon pertama kali pada tahun 1981 untuk konsep komputer pertama yang menggunakan sistem operasi GUI.

Jenis-jenis icon

Icon memiliki banyak sekali macam jenis. Beberapa jenis icon yang sering digunakan di berbagai desain digital maupun cetak, di antaranya yaitu :

  1. Outline Icon
  2. Glyph Icon
  3. Flat Icon
  4. Colored Icon

Nah, apa perbedaan icon design dari keempat jenis icon tersebut? Yuk simak beberapa jenis icon design di bawah ini!

Outline Icon

Salah satu jenis icon yang cukup familiar. Sering juga disebut Line Icon karena biasanya menggunakan style monochromatic color, sehingga kesan yang didapat lebih clean & modern.



Icon ini sering digunakan untuk keperluan website ataupun software yang mementingkan kesan simple, sederhana, dan ringan.

Glyph Icon

Jenis ini sama-sama sering digunakan style monochromatic color dan block warna yang tebal seperti outline. Namun penggunaanya lebih tebal dan block sehingga lebih jelas dan sangat memanfaatkan whitespace atau ruang kosong dalam desain. Mirip seperti line icon yang menggunakan watu warna, tetapi memiliki kesan yang lebih bold dan kuat.



Icon ini cocok untuk digunakan dalam desain-desain yang sederhana dan menggunakan sedikit warna. Dengan warna yang monokrom, tidak mengganggu elemen lain dalam keseluruhan desain yang ada.

Flat Icon

Versi warna sederhana dari glyph icon dan memiliki warna yang lebih variatif untuk membentuk style warna tersendiri. Jenis ini banyak digunakan pada background warna yang cerah sehingga jelas kontrasnya.



Dengan seiring waktu, flat icon ini makin digemari, terutama oleh kalangan milenial. Selain karena bentuk yang sederhana, flat icon juga cenderung menggunakan sedikit warna sehingga dianggap lebih enak dilihat dan tidak “norak”.

Colored Icon

Versi warna dari outline icon dengan variasi warna yang lebih banyak serta kontras yang jelas dari outline dan fill nya. biasa dikenal dengan Filled Icon .



Walaupun flat icon semakin

Tips membuat icon dengan visual yang bagus

Sesuai dengan judul arti artikel kita kali ini yaitu “Icon Design”, tentunya bahasan kita kali ini tidak hanya mengenai pengertian dan jenis-jenis icon saja, tetapi juga cara membuat desain icon yang baik. Ada beberapa prinsip utama dalam mendesain icon, yaitu :

  1. KISS “Keep It Simple, Stupid”

    Buat icon sesederhana mungkin namun tetap mempertahankan konteksnya sehingga tetap bisa dikenali.

  2. Konsistensi

    Jangan menggunakan lebih dari 3 warna, repetitif icon yang mirip tidak masalah agar icon lebih mudah dikenali jika sejenis.

  3. White space

    Berikan ruang dan jarak dalam desain setiap icon, ruang itu penting untuk memperjelas objek dalam icon tersebut sehingga lebih kontras

  4. Komunikatif

    Pilih objek icon yang paling mewakili objek atau suatu maksud yang ingin disampingkan, jangan terlalu

Setelah kita tahu jenis-jenis desain, sekarang bagaimana caranya untuk menentukan jenis icon seperti apa yang ingin anda desain? Caranya, Anda bisa menyesuaikan dengan keseluruhan tema ataupun kesan visual yang ingin Anda capai dari desain yang sedang Anda buat. Jenis icon yang Anda pilih harus sesuai dengan konsep desain website ataupun software Anda, karena desain merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Begitu pula dengan Icon design yang Anda pilih, harus bisa menyatu dengan keseluruhan konsep desain yang ada. Begitulah sedikit sharing dari Azura. Terima kasih, semoga bermanfaat.

icon, icon design, uiux design, design, website design

Kesimpulan

Nah, demikian beberapa tips untuk membuat icon design. Dari tulisan di atas mungkin Anda sudah bisa memahami kenapa agensi-agensi menerapkan harga yang begitu mahal dalam membuat desain bagi suatu bisnis. Tapi, tenang saja! Azura Labs memiliki harga yang fleksibel dan sangat terjangkau. Anda bisa berkonsultasi secara GRATIS. Silahkan masukan pesan Anda di bawah, atau kirim pesan ke whatsapp Azura Labs untuk berkonsultasi langsung 😉

Referensi :

https://design.tutsplus.com/articles/10-styles-that-have-changed-the-face-of-icon-design–cms-29435

https://varghesemathai.medium.com/icon-styles-designs-4a4937da7684

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *