3 Peran Penting Teknologi Dalam Pendidikan

teknologi dalam pendidikan

Menurut Aristoteles pendidikan adalah salah satu fungsi dari suatu negara, dan dilakukan, terutama setidaknya, untuk tujuan negara itu sendiri. Pendidikan merupakan persiapan untuk beberapa aktivitas atau pekerjaan yang layak.

Pada era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi memiliki peranan penting dalam segala bidang tak terkecuali pada aspek pendidikan. Bagaimana teknologi berperan dalam pendidikan saat ini? Yuk simak 3 peran penting teknologi dalam edukasi.

Membantu Proses Belajar-Mengajar

Jika sebelumnya seorang pengajar memberi materi dengan menulis di papan tulis dan banyak menghabiskan waktu serta biaya. Pada era digital sekarang, proses pembelajaran dapat di ganti dengan cara persentasi menggunakan proyektor dan Microsoft PowerPoint sebagai media. Sehingga pengajar tidak perlu lagi menulis dan menghapusnya setelah kegiatan belajar-mengjar selesai.

belajar daring, online learning

Selain itu, kemajuan teknologi juga menjadi solusi yang saat ini di alami berbagai negara di penjuru dunia karena adanya wabah pandemi Covid-19. Jika kemarin pengajar dan peserta didik dapat bertatap muka secara langsung di kelas. Sekarang karena adanya kebijakan dari pemerintah untuk menjaga jarak dan tidak berkerumun di satu tempat guna memutus rantai penyebaran virus corona. Sehingga sistem pembelajaran yang seperti itu untuk saat ini tidak dapat di lakukan.

Hal ini juga menjadi masalah yang serius bagi UNESCO, namun kemajuan teknologi dapat menjadi jawabannya. Salah satu bentuk kecanggihan teknologi adalah terciptanya berbagai alat pendukung aktivitas dan pekerjaan manusia. Dalam dunia pendidikan sendiri telah hadir aplikasi seperti GoogleClassroom dan sebagainya. Karena adanya hal itu, kita tetap dapat mengikuti pembelajaran sekaligus mentaati kebijakan dari pemerintah

Menjaga Komunikasi Tetap Lancar

belajar daring, online learning

Menurut James A. F. Stoner, komunikasi merupakan suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan pada orang lain. Komunikasi berperan penting dalam ruang lingkup apapun, baik dalam organisasi maupun pendidikan.

Bahkan dalam sebuah penelitian menyatakan 75% sampai 90% waktu manusia digunakan untuk berkomunikasi. Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan dari Jiwanta, 1982. Ia menyatakan bahwa dalam proses komunikasi terdiri atas 5% menulis, 10% membaca, 45% berbicara dan 50% untuk mendengar.

Komunikasi dapat di lakuan dengan berbagai cara seiring dengan perkembangan teknologi. Jika dulu komunikasi hanya dapat di lakukan saat seseorang berada di tempat dan waktu yang sama. Kemudian sedikit maju, yakni melalui surat yang memakan waktu cukup lama tergantung jarak antara pengirim dan penerima. Maka sekarang kita tidak perlu lagi merasakan hal itu.

Seiring dengan kemajuan teknologi, maka terciptalah produk atau karya manusia yang dapat memudahkan untuk berkomunikasi antar sesama tanpa batasan tempat dan waktu. Saat ini komunikasi dapat di lakukan dengan mengirimkan sebuah pesan melalui SMS, E-mail atau sosial media lainnya, dan juga lewat panggilan telepon maupun panggilan video. Sehingga berguna dalam pendidikan, karena pengajar dapat memberikan arahan kepada peserta didiknya kapanpun dan di manapun tanpa harus bertemu di kelas.

Mencari dan Menyimpan Data Lebih Mudah

Peran terakhir teknologi dalam edukasi adalah dapat menyimpan dan mencari data lebih mudah. Karena dengan adanya teknologi kita tidak perlu lagi untuk menyimpan data berupa tulisan di kertas sebagaimana gambar di atas, yang mana itu memakan banyak tempat dan waktu saat ingin mencarinya.

Dengan menyimpan pada memori komputer atau smartphone, akan mempermudah seseorang untuk mencarinya. Cukup menuliskan nama data yang tersimpan di kotak pencarian maka dengan sendirinya file tersebut akan muncul. Selain itu, kita juga bisa mengeditnya apabila dalam data ada kekeliruan. Berbeda ceritanya apabila kita menyimpan data melalui tulisan dikertas. Pada bidang pendidikan, data berfungsi sebagaimana kebutuhan dari penggunanya. Contoh, seorang mahasiswa membutuhkan data untuk membuat skripsi.

Kesimpulan

Peran teknologi dalam pendidikan sangatlah penting, apalagi di masa pandemi saat ini. Teknologi berperan penting agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung meski tidak berada di ruang kelas. Tak ketinggalan, Azura Labs pun turut mengambil bagian dalam perkembangan ini, salah satunya dengan membangun Choolifah School. Choolifah School adalah media pembelajaran daring yang berfokus pada ekonomi dan bisnis, terutama ekonomi dan bisnis syariah. Jika penasaran, kamu bisa cek langsung ya websitenya ! 😉

Jika ada pertanyaan, kamu bisa langsung tulis di kolom komentar di bawah, atau DM Instagram Azura Labs. Kamu juga bisa berkonsultasi melalui email hello@azuralabs.id , secara GRATIS! Penasaran tentang kami? Yuk kunjungi website official Azura Labs di https://azuralabs.id untuk info selengkapnya !

N.B : Jangan lupa klik subscribe pada form di bawah, supaya kamu tidak ketinggalan info dan berita terupdate dari Azura Labs! Have a nice day!

~ See you next time

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *