20 Peluang Karir Lulusan Teknik Informatika?

  • Karir

Apa kamu sudah familiar dengan program pendidikan “Teknik Informatika”? Mungkin beberapa diantara kalian memang tidak terlalu paham, namun beberapa tahun ini prodi Teknik Informatika menjadi populer di kalangan milenial loh. Kok bisa gitu? Dan bagaimana peluang karir nya?

Di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan oleh berbagai macam jenis perusahaan dan instansi. Oleh sebab itu, prodi ini tidak kalah populer dengan prodi yang lain. Untuk kamu yang masih belum terlalu mengenal tentang Teknik Informatika, yuk kenalan dulu.

Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

Jika kamu menjadi mahasiswa Teknik Informatika ada banyak mata kuliah yang akan kamu dapat seperti Algoritma dan Struktur Data, Sistem Operasi, Logika Informatika, Strategi Algoritma, Probabilitas dan Statistika dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana dengan peluang karir lulusan Teknik Informatika? Apakah menjanjikan? Pasti dong!! Ada banyak profesi yang bisa dipilih oleh lulusan Teknik Informatika sesuai dengan kemampuan dan kelebihan masing-masing. Pilihan profesinya apa aja min? Yuk kita bahas satu persatu!!

Peluang Karir sebagai Full Stack Developer

Untuk menjadi seorang Full Stack Developer membutuhkan waktu yang lama karena harus menguasai konsep dari teknologi tersebut. Selain itu, juga harus memiliki kreatifitas, pemikiran global, selalu ingin tahu, mampu me-manage waktu dan komunikasi yang baik. Full Stack Developer bertanggung jawab dalam mengembangkan semua pekerjaan termasuk database, server, sistem engineering, maupun bagian dari sisi client.

Front End Developer

Seorang Front End Developer harus menguasai HTML, CSS dan pemrograman JavaScript. Selain itu, untuk programmer Front End harus mampu menguasai salah satu atau berbagai macam jenis framework JS seperti React, Angular, Vue, CSS, Preprocessor dan juga harus menguasai responsif desain serta testing pada aplikasi.

Back End Developer

Back End Developer merupakan programmer yang bertugas di bagian belakang layar. Dan bertugas untuk menangani server, database, merancang sistem dan juga API. Ada banyak bahasa pemrograman untuk Back End Developer seperti Java, PHP, Ruby, Phyton, JavaScript (Node.js).

Ilustrasi Backend Developer

Peluang Karir sebagai Android Developer

Android Developer adalah programmer yang mampu merancang sekaligus membuat aplikasi android agar dapat digunakan user yang meggunakan sistem operasi Android. Seorang Android Developer harus menguasai bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin dan berkolaborasi dengan UX Designer untuk mendapatkan aplikasi yang mudah digunakan user.

iOS Developer

Berbeda dengan Android Developer, iOS Developer merancang dan membuat aplikasi iOS dari Apple. iOS Developer juga harus menguasai bahasa pemrograman Swift ataupun pemrograman objective-C.

Peluang Karir sebagai Graphic Designer

Untuk lulusan Teknik Informatika yang memiliki kegemaran mendesain dan menciptakan ilustrasi, fotografi, tipografi dapat memiliki pekerjaan ini. Kamu bisa bekerja dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan customer, dan beberapa software desain ini harus dikuasai oleh seorang Graphic Designer seperti Corel, Photoshop dan Illustrator,

Ilustrasi Graphic Designer

Web Designer

Untuk merancang tampilan website yang menarik dan mudah digunakan oleh user maka dibutuhkan seorang Web Designer. Berkolaborasi dengan Front End Developer dalam hal teknis dan bekerja sama dengan UX Researcher dalam menangani pengalaman pengguna dari suatu website.

Cyber Security Analyst

Dengan banyaknya tindak kejahatan yang memanfaatkan celah keamanan suatu sistem, sudah menjadi tugas dari Cyber Security Analyst untuk mencegah kejadian tersebut dengan menguji sistem keamanan dan melaporkan jika ada suatu celah.

Peluang karir sebagai Data Scientist

Seorang Data Scientist bertugas menganalisis data untuk pengambilan suatu keputusan tertentu. Menjadi Data Scientist diharuskan memiliki kemampuan seperti pengolahan data dengan Hadopp, penggunaan statistik, pemrograman bahasa R/Phyton dan logika yang kuat.

Ilustrasi Data Scientist
Ilustrasi Data Scientist

Database Administrator

Database menjadi sangat penting untuk suatu perusahaan atau instansi oleh karena itu untuk mengelola database tersebut dibutuhkan seseorang yang mampu mengelola data, mendesain database, melakukan pemeliharaan dan perbaikan suau basis data. Dan semua itu adalah keahlian dari seorang Database Administrator.

UX Researcher

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika selanjutnya adalah menjadi seorang UX Researcher. Seorang UX Researcher bertugas dalam melakukan riset terhadap produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Quality Assurance Analyst

Pengujian atau testing suatu produk sangatlah penting bagi suatu perusahaan atau instansi sehingga dibutuhkan QA Analyst. Tugas lain dari seorang QA Analyst adalah memastikan, memeriksa dan memonitor semua produksi dalam pemrosesan suatu produk.

Ilustrasi Quality Assurance Analyst

peluang karir sebagai Software Tester

Seorang Software Tester berperan dalam pengujian dan kebenaran dari fungsi-fungsi dalam suatu perangkat lunak. Software Tester akan menguji dari segala sisi, seperti functional testing, unit testing, UI testing dan masih banyak lagi.

Software Engineer

Lulusan Teknik Informatika memiliki peluang besar untuk menjadi seorang Software Engineer. Yang pastinya diharapkan bisa menguasai bahasa pemrograman yang ada, misalnya memilih penguasaan bahasa JavaScript atau bahasa Ruby untuk pemrograman web.

Game Developer

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika sebagai seorang Game Developer sangat terbuka lebar. Untuk menjadi seorang Game Developer kamu harus menguasai algoritme dan bahasa pemrograman game seperti pemrograman C++.

Ilustrasi Game Developer
Ilustrasi Game Developer

System Analyst

Dengan menggunakan teknologi informasi, seorang System Analyst harus mampu melakukan analisis dan desain untuk menyelesaikan masalah bisnis. Tugas lain dari seorang System Analyst adalah berkomunikasi dengan customer, membantu dalam proses engujian sistem, serta berinteraksi dan berkoordinasi dengan developer dan implementer.

Peluang karir sebagai Cloud Architect

Sekarang ini penyimpanan awan atau yang sering dikenal dengan komputasi awan semakin digemari. Dengan ini muncul lah profesi Cloud Architect yang bertugas untuk mendesain aplikasi cloud, melakukan manajemen cloud dan melakukan monitoring. Dan seorang Cloud Architect juga harus memiliki pengetahuan mengenai sistem operasi seperti Linux dan Windows, kemudian juga mengerti tentang bahasa pemrograman dan keamanan sistem informasi.

Computer Forensic Investigator

Investigator Forensik Komputer merupakan salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang dapat ditemui pada media penyimpanan dan komputer digital. Investigator Forensik Komputer secara khusus bekerja dengan profesional pada suatu perusahaan atau instansi seperti kepolisian.

Ilustrasi Computer Forensic Investigator
Ilustrasi Computer Forensic Investigator

IT Consultant

Perusahaan atau instansi pasti membutuhkan setidaknya satu orang IT Concultant yang akan memberikan solusi mengenai maslaah dalam suatu sistem informasi. Selain itu IT Consultant bertugas untuk mengevaluasi dan melakukan perencanaan penerapan teknologi informasi pada suatu perusahaan atau instansi.

Peluang karir sebagai Network Engineer

Satu lagi yang bisa menjadi peluang bagi lulusan Teknik Informatika adalah menjadi seorang Network Engineer yang nantinya memiliki tugas untuk merencanakan, mendesain, melakukan pengelolaan, manajemen dan menyelesaikan permasalahan jaringan.

Ilustrasi Network Engineer
Ilustrasi Network Engineer

Wow, banyak banget kan? Itulah beberapa contoh peluang karir lulusan Teknik Informatika, kamu bisa memilih sesuai dengan keahlian dan bidang yang kamu sukai. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu ingat, semua karir yang telah disebutkan diatas memerlukan kerja keras, disiplin dan kemampuan berpikir yang logis. Semoga membantu!! Cek post Azuralabs Newsletter lainnya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *