10 Hal yang harus Dikuasai sebelum kamu lulus

  • Karir
10 Hal yang harus kamu kuasi

Haloo Guys Disini mimin AzuraLabs mau ngasih tau nih tentang tips untuk kalian yang mungkin sekarang sedang menjalani kuliah atau mungkin sudah mau lulus. Pokoknya kalian harus menguasai ini! Buat kalian semua nih apa aja sih yang harus dipersiapkan dan tentunya dikuasai sebelum lulus. Berikut mimin mau cerita tentang pengalaman mimin dan mimin akan share semua hal yang penting yang harus kalian kuasain nih sebelum lulus. Check this out!.

1. Public Speaking, Yang pertama harus dikuasai!

Yang pertama yang akan mimin bahas dan menurut mimin sendiri penting banget buat kalian yaitu Public Speaking, Apa sih Public Speaking? Mengapa public speaking perlu dikuasai? Public Speaking seperti artinya sendiri yaitu Komunikasi terhadap publik jadi disini bagaimana kalian bisa menginfluence terhadap lingkungan berbicara di depan umum, pidato, orasi kenapa sih ini krusial banget, Karena saat kalian nanti ingin masuk lingkungan pekerjaan jika kalian sudah mempunyai basic Public Speaking yang baik akan memudahkan kalian dari segi teamwork, Influence, Komunikasi yang bakal bikin kalian keliatan banget deh kalo kalian nanti masuk ke dunia kerja.

2. Networking

Yang Kedua adalah relasi kalian pasti sudah pada tau dong apa itu relasi? Yup Benar Relasi adalah Hubungan, Hubungan seperti apa sih? Mengapa punya hubungan menjadi sesuatu yang harus dikuasai? Network saat kalian sedang berkuliah seberapa penting sih network ini? Jadi saat kalian berkuliah kalian pasti akan lebih mandiri dalam berbagai hal. Hal ini dikarenakan kita sudah bukan di sekolah menengah yang tersistem. Sehingga, untuk menopang perkembangan softskill kalian maupun hardskill, diperlukan relasi atau network yang baik. Selain kegunaan relasi sebagai mentor, Relasi juga sangat berguna saat kalian lulus nanti. Semakin banyak relasi temen-temen, temen-temen makin punya banyak peluang di dunia luar. Contohnya seperti info pekerjaan, info project dll. Temen-temen jadii Masih males nih bangun Relasi di Perkuliahan?

3. Planning

Apa itu Planning? Planning adalah perencanaan. Perencanaan seperti apa min? Perencanaan disini kalian saat menjadi mahasiswa harus banget punya planning nih. Planningnya seperti apa yang pertama Planning Belajar. Perencanaan belajar sangat perlu karena kalian tidak mungkin menguasai seluruh hal. Kalian harus bisa expert dalam sebuah hal, hal itu yang akan menentukan worth kalian nanti setelah lulus. Planning Kuliah perencanaan kuliah disini adalah kalian ingin berorganisasi, kalian ingin mencoba magang, mencoba membuat project. Planning kuliah ini akan membuat motivasi temen-temen untuk mengeksplor seluruh hal yang ada di internal perkuliahan maupun eksternal.

Belajar membuat planning yang terstuktur wajib dikuasai, ya! Akan sangat berguna pokoknya untuk masa depan kamu.

4. Teori Perkuliahan Harus dikuasai dong!

Setelah seluruh hal diatas jika kalian sudah mempunyai basic dan planning yang baik teori perkuliahan akan lebih mudah tercapai karena kalian sudah mempunyai rencana belajar mentor belajar sehingga sangat menopang saat temen-temen sedang mengasah hardskill temen-temen di dunia perkuliahan. Teori Perkuliahan ini sangat penting temen-temen karena influence yang bisa temen-temen berikan jika bisa di implementasikan melalui teori-teori yang kalian pelajari di perkuliahan network akan lebih mudah tertarik sehingga hal tersebut saling berkaitan. Jadi temen-temen harus punya hardskill yang dikuasai karena jika hanya soft skill saja tidak punya hard skill temen-temen ga akan bertahan lama deh setelah lulus kuliah.

5. Pengalaman Kerja/Organisasi

Saat kalian berkuliah kalian juga harus bisa mengimplementasikan hal yang kalian pelajari seperti kalian bisa mencoba mengimplementasikannya melalui pengalaman magang atau pengalaman berorganisasi sehingga temen-temen akan lebih siap saat menghadapi dunia kerja nanti, Percaya deh sama mimin saat temen-temen kuliah banyakin pengalaman kerja dan pengalaman organisasinya tapi inget temen-temen jangan sampai keteteran ya kuliahnya.

6. Attitude

Attitude? kok attitude min?, kalian pasti bingung dong kenapa attitude, langsung mimin jelasin nih jadi saat kalian bekerja nanti attitude kalian dilingkungan umum dilingkungan pekerjaan ini sangat penting banget menentukan relasi yang bisa kalian bentuk selama bekerja hubungan antara pekerja dan pekerja lainnya. Jadi cara mengasah attitude kalian sebelum lulus nanti yaitu pengalaman organisasi dan pengalaman kerja sehingga temen-temen sudah biasa nih bekerja didalam teamwork bekerja bersama orang lain. Makannya, jangan kepedean dulu yuk coba banyakin dulu pengalamannya sebelum lulus.

7. Menguasai Teknologi

Menguasai Teknologi yang seperti apa min? Teknologi disini banyak banget jenisnya tapi ada yang penting yang harus kalian kuasai yaitu dasar seperti Excel,Word yang sangat berguna nanti di dunia kerja. Contoh lain dari menguasai teknologi jika kalian mahasiswa Ilmu Komputer kalian harus menguasai berbagai bahasa pemrogramana atau UI/UX dan masih banyak teknologi-teknologi yang harus kalian kuasai jadi kalian harus berani mengeksplor tentang teknologi yang dekat dengan jurusan kalian sehingga akan memudahkan dalam personal branding kalian.

8. Adaptasi

Adaptasi sudah sering denger lah ya kata adaptasi kenapa penting sih kita bisa banyak beradaptasi karena dilingkungan kerja ini kalian tidak akan bisa memprediksi apa jobdesc selanjutnya tim saat teamwork culture di dalam kantor atau company tersebut sehingga kalian harus bisa beradaptasi di berbagai hal apalagi dalam hal pekerjaan. cara kalian mempelajari hal ini adalah kalian berorganisasi atau magang saat kalian berkuliah sehingga kalian sudah sering menjumpai perbedaan lingkungan dan bisa terus beradaptasi dalam teamwork yang berbeda-beda culture kerjanya.

9. Problem Solving

Problem Solving artinya memecahkan masalah atau mencari solusi dari masalah nah hal ini harus kalian kuasai saat kalian sedang berkuliah karena saat kalian di dunia kerja kalian berhadapan dengan dunia real jika gagal akan rugi jika berhasil akan untung untuk melatih problem solving sendiri mimin biasanya membuat project bersama temen-temen mimin tentang keresahan-keresahan yang terjadi selain itu juga mengikuti beberapa kepanitiaan sehingga jika ada masalah yang timbul mimin sudah terbiasa untuk menghadapi masalah-masalah tersebut

10. Personal Branding

Tadi mimin sudah menyinggung tentang personal branding apa sih personal branding itu personal branding adalah upaya memasarkan apa yang kita punya seperti softskill, hardskill dan keterampilan lainnya. Personal Branding bisa kalian dapatkan saat kalian mengikuti organisasi, belajar, bekerja, dll. Jadi pada intinya personal branding ini hal yang nanti kalian lakukan saat interview pekerjaan bagaimana kalian mendekskripsikan diri kalian jadi untuk mempersiapkannya jangan lupa tips-tips diatas ya.

Dari tips diatas temen-temen kira kira udah menguasai belum nih kalau belum coba di eksplor lagi sebelum terlambat temen-temen ikutin terus kelanjutan blog ini masih banyak lagi tips tips yang akan kita share dan pasti relate banget nih sama temen-temen semoga berhasill.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *